Home » , , » Cara Budidaya Ikan Cupang Hias

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias

Diposkan oleh : Posted on - 07.38 with No comments



Seperti yang kita ketahui bahwa ikan cupang merupakan ikan air tawar. Ikan ini bersifat agresif sebagai cara untuk mempertahankan wilayahnya. Tampilannya yang indah dan warna-warni membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Namun banyak orang yang tidak tahu cara memeliharanya sehingga ikan cupang ini cepat mati. Untuk menghindari itu, berikut adalah penjelasan mengenai cara budidaya ikan cupang hias.

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias
Cara Budidaya Ikan Cupang Hias
Cara budidaya ikan cupang hias tidak begitu sulit karena ikan cupang tidak memerlukan pakan khusus. Untuk masalah makanan, cupang yang merupakan benih biasanya digunakan pakan yang masih alami berupa Daphnia sp atau kutu air yang bisa kita temukan di tempat-tempat kotor ataupun selokan yang airnya tergenang. Di tempat itulah kitabisa mencari makan untuk ikan cupang. Sedangkan makanan untuk budidaya ikan cupang hias yang sudah menjadi induk bisa kita gunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk atau. Kita bisa memberi kutu air untuk pertumbuhan anak ikan. Hal ini dilakukan untuk lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan dapat diselingi dengan cacing rambut.
Kita dapat menggunakan sejenis akuarium tempat selebar 1 x 2 m untuk budidaya ikan cupang hias. Selain itu bisa menggunakan bak semen atau bisa juga akuarium yang mempunyai dimensi 100 x 40 x 50 cm. Sedangkan untuk tempat perkawinan dalam budidaya ikan cupang hias bisa digunakan wadah yang lebih kecil dari wadah pembesaran. Contoh wadah yang bisa digunakan untuk budidaya ikan cupang hias untuk media pembesaran antara lain : baskom plastik, akuarium kecil, ataupun tempat lain yang dapat digunakan sebagai pemisah dengan pasangannya.
Hal penting lain yang harus diperhatikan saat akan budidaya ikan cupang hias yaitu pemilihan bibit cupang jantan maupun betina yang baik. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan pertambahan jumlah dalam budidaya ikan cupang hias. Untuk cupang jantan, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu gerakannya yang cukup agresif dan juga lincah. Selain itu perlu diperhatikan fisik tubuh dan juga siripnya yang cukup panjang dan berwarna indah. Ikan cupang hias jantan yang bisa dibudidayakan usianya sekurang-kurangnya ± 4 bulan. Dan hal penting terakhiruntuk budidaya ikan cupang hias jantan yaitu tidak terjangkit penyakit serta juga tidak cacat. Lain jantan lain betina untuk ciri-cirinya. Untuk cupang betina harus dalam kondisi sehat serta tidak cacat di bagian tubuhnya. Selain itu siripnya agak pendek daripada jantan serta juga warnanya lebih kusam dibanding jantan. Ikan cupang betina yang bagus mempunyai gerakan yang sedikit agak lambat. Untuk bentuk badannya, ikan cupang betina agak membulat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ikan tersebut siap dikawinkan. Untuk usia, sama seperti jantan yakni sekurang-kurangnya ± 4 bulan.
Setelah didapatkan induk cupang jantan maupun betina hasil seleksi setelah itu dilakukan cara mengawinkan kedua induk cupang tersebut. Hal pertama yang dilakukan untuk budidaya ikan cupang hias saat proses perkawinan yaitu menyiapkan kolam untuk perkawinan atau pemijahan antara cupang hias jantan maupun betina bisa menggunakan tempat seperti aquarium kecil ataupun tempat lain, asalkan bersih agar tidak mempengaruhi telur ikan. Kolam tersebut diisi air antara 15 hinggga 30 cm. Kemudian induk cupang jantang dimasukkanakuarium selama 1 hari. Akuarium ditutup dan setelah 1 hari induk cupang hias betina dimasukkan. Setelah 1 hari, kemungkinan besar induk betina telah mematang telurnya. Kemudian telur tersebut dipindahkan ke dalam wadah pemijahan. Terkadang keesokan harinya ikan sudah bertelur dan kemudian telurnya menempel disarang dalam bentuk busa. Setelah perkawinan, induk betina dipindahkan sedangkan jantan dibiarkan pada akuarium tersebut untuk merawat telur hingga menetas. Baca juga artikel tentang bunga-bunga cantik penghias taman bunga mawar tulip.

Untuk pembesaran anak maupun  masa panen pada budidaya ikan cupang hias, tidak begitu sulit. Setelah anak cupang hias sudah mampu berenang dengan sendirinya, anak cupang dipisahkan dari induknya maupun cupang dewasa lain. Anak cupang bisa dianggap sudah dewasa saat berumur 1 bulan. Pada saat itu kita tidak perlu untuk memberi perlakuan khusus.
Description: Cara Budidaya Ikan Cupang Hias Rating: 4.9 Reviewer: isroi - ItemReviewed: Cara Budidaya Ikan Cupang Hias
Info lebih lanjut >>

0 komentar:

Poskan Komentar